Selasa, 05 Februari 2013

Cara pasang V-Belt

Memasang V-belt yang memiliki sistem adjustment/penyetel memang mudah, tapi bagaimana kalau tanpa sistem penyetel alias ukuran belt sudah dibuat pas. Bisa juga.
Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memastikan ukuran belt itu memang akan pas dengan kondisi puli dan jarak antar pulinya. kepanjangan sedikit saja akan membuat sistem menjadi slip. Sedangkan kependekan sedikit akan membebani puli dengan beban yang tidak semestinya.
Cara yang biasa saya gunakan untuk mengukur dengan akurat adalah dengan menggunakan potongan V-belt yang di lingkarkan ke sepanjang alur puli. Sambil dilingkarkan sambil ditarik dengan sekuatnya oleh kemampuan tangan saja atau tanpa alat bantu. Pertemukan kedua ujung potongan yg ditarik kencang tsb lalu tandai panjang pertemuan itu. Kurangi panjangnya 10 mm untuk mendapatkan ukuran belt yang pas tanpa sistem penyetelan.
Langkah selanjutnya adalah proses pemasangan belt dengan ukuran yang telah pas tsb. Caranya pasangkan belt keseluruh puli dan sisakan terakhir puli yang paling besar.

Putar puli dengan beban terbesar secara perlahan-lahan dengan alat bantu sementara belt dipuli terbesar itu diarahkan dengan bantuan obeng minus yg cukup kuat. putar terus hingga belt terpasang sempurna pada puli. Selamat mencoba


Salam sahabat,
081314293368

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls